iklan

Thursday 25 August 2016

Analisa Celebes Tv Bab 3

Bab III
3.1 Penghargaan yang Pernah di Terima Celebes TV

Dalam perjalananya Celebes Tv, kini telah menerima beberapa penghargaan dari ajang KPID Awards 2011, yaitu :

a. Program Celebes file meraih penghargaan kategori feature terbaik.
b. Program tokoh inspiratif meraih penghargaan kategori inspiring program.
c. Program obrolan karebosi meraih penghargaan kategori inspiring program.
d. Presenter Nurul Ulfah meraih penghargaan sebagai presenter faporit.



Pada gelaran KPID Award 2014 tahun ini, merupakan gelaran ke-9 dan mengambil tema “Budaya dan Informasi Lokal di Ranah Publik Sulawesi Selatan”. Kegiatan ini sebagai langkah KPID untuk mendorong insan penyiaran untuk menciptakan karya-karya penyiaran yang sehat, edukatif, menghibur, inspiratif dan kompetitif.
Dan penghargaan pada tahun 2014 Celebes Tv kembali mendapat penghargaan dari KPID awards yaitu :
  1. Feature
  2. Pelesiran (Celebes TV)
  3. Hiburan
  4. Sahur Bareng (Celebes TV)
  5. Inspiring Program
  6. BOOM (Celebes TV)
  7. Tamu VIP (Celebes TV)

Talkshow
  1. Obrolan Karebosi (Celebes TV)

Siaran Perempuan dan Anak
  1. Ooh Ku Tau Mi (Celebes TV)

3.2 Pangsa pasar dan Cakupan Wilayah

Pasar yang Celebes Tv bidik adalah :

a. Usia : ( 15 – 50 ) tahun.
b. Jenis kelamin : Pria ( 40 % ) dan Wanita ( 60 % ).
c. Pendidikan : Tamat SMP sampai dengan perguruan tinggi.
d. Pekerjaan : pelajar, mahasisiwa, pekerja dan wiraswasta.

Cangkupan wilayah Celebes TV

a. Kota Makassar.
b. Kabupaten Gowa.
c. Kabupaten Takalar.
d. Kabupaten Maros
e. Kabupaten pangkep.
f. Kabupaten jeneponto

Format dan Komposisi siaran

Format siaran Celebes Tv meliputi : 40 % Live dan 60 % recorder.

Komposisi siaran Celebes Tv :

a. Konten Program

1. Lokal : 95 %
2. Nasional dan Asing : 5 %
b. Komposisi Proram
1. News dan Talkshow : 30 %
2. Spot : 15 %
3. Perempuan dan anak : 10 %
4. Entertainment / lifestyle : 25%
5. Budaya / pariwisata : 15 %
6. Religi : 5%

Manajemen dan kru Celebes TV pantas berbangga. Hasil survei yang dilakukan Jurusan Komunikasi Universitas Hasanuddin menyebut, CelebesTV adalah stasiun televisi dengan jumlah penonton terbanyak dibanding televisi lokal lainnya di Kota Makassar.

Ada lima tivi lokal yang disurvei. Sedangkan jumlah responden 347 orang yang tersebar di 14 kecamatan di Kota Makassar. Margin error penelitian perseptual ini adalah lima persen. Dari survei itu, jumlah penonton Celebes TV mencapai 40,7 persen.

“Televisi lokal yang berada di urutan kedua meraih 29,9 persen jumlah penonton,” ujar Mulyadi Mau, peneliti yang juga dosen Jurusan Komunikasi Unhas, di Makassar, Rabu (27/11/2013). Survei dilakukan baru-baru ini.

Menurut Mulyadi, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat Kota Makassar terhadap siaran televisi lokal. Hasilnya ternyata masyarakat Kota Makassar rupanya tak sedikit yang menyukai menonton siaran-siaran televisi lokal.

Dari berbagai program acara televisi lokal itu, ternyata 68,3 persen responden menonton televisi lokal karena menyenangi program berita dan talkshow. Sebanyak 28,2 persen menonton televisi lokal karena menyenangi acara hiburannya.

Hanya 3,5 persen yang menonton acara lainnya. Ini maknanya, kata Mulyadi, televisi lokal yang banyak menyajikan berita lokal dan talkshow yang melibatkan orang lokal, maka itulah televisi yang banyak dinonton masyarakat Kota Makassar. 

“Ini sesuai dengan teory proximitas yang menyebut khalayak cenderung ingin melihat berita yang dekat dengannya. Kedekatan dimaksud bisa karena dekat secara geografis maupun psikologis,” jelas pengamat media ini.

Sementara acara-acara hiburan, harus diakui pemirsa televisi di Makassar lebih cenderung menonton acara hiburan yang disajikan televisi-televisi nasional atau televisi berjejaring. Televisi lokal masih kewalahan bersaing dengan televisi nasional dalam menyajikan acara-acara hiburan yang disukai pemirsa.
3.3 Program Unggulan

Program unggulan Celebes Tv adalah :

a. Celebes Petang, merupakan bulletin news yang menghimpun berbagai informasi actual yang terjadi sepanjang har, tampil fresh, tetap kritis dan edukatif.

b. Obrolan Karebosi, merupakan obrolan malam yang menalaah berbagai peristiwa terkini dan isu – isu hangat di masyrakat, di sajikan secara berimbang, independen dan pembahasan melibatkan pemirsa melalaui telepon interaktif.

c. Celebes file, adalah program yang menampilkan kisah hidup para tokoh yang telah wafat dan peristiwa di Sulawesi selatan, sehingga bisa menjadi teladan dan pembelajan bagi generasi masa kini.

d. Tokoh inspiratif, adalah program yang menggangkat kisah – kisah inspiratif dari berbagai tokoh yang dikenal . Program ini di kemas sedemikian rupa untuk memberikan inspirasi bagi pemirsa untuk mencapai strata hidup yang lebih baik. Berbeda dengan Celebes files, tokoh inspiratif membahas figure yang masih hidup, sehingga dapat diwawancara langsung dengan yang bersangkutan.

e. Pettapuang Masuk Tv adalah program variety comedy yang menampilkan kelompok sandiwara petta puang, tidak hanya membawakan drama cerita rakyat yang dapat membawakan darama cerita kehidupan ataupun cerita rakyat yang dibawakan drama cerita realita kehidupan ataupun cerita rakyat yang dibawakan oleh komedi namun juga mengeksplorasi pemain dalam hal bermusik, standing, comedy dan hiburan.

f. Celebes Musik : Menayangkan request dari masyarakat yang diwawancara di berbagai lokasi.

g. Asyiknya Berislam, Program Religi yang tempatnya di Masjid yang berbeda – beda. Pesertanya adalah anggota Majelis Taklim, dan dipimpin oleh penceramah.

h. Celebes Investigasi : Investigasi terhadap yang sedang berkembang luas di Sulsel. Meliputi masalah Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, dll.

3.4 Biaya Produksi

Biaya produksi dalam pelaksanaan program Celebes Tv juga sangat di perlukan. Proses produksi tanpa biaya, tidak akan berjalan dengan lancer oleh karenanya, biaya produksi harus direncanakan secara matang.
Berdasarkan dari hasil wawancara yang telah dilakukan rezki, produser komunitas Celebes Tv, biaya yang di peroleh dari devisi marketing yang bertanggung jawab terhadap biaya pengeluaran dengan proses produksi dalam program acara di Celebes Tv, begitu juga dengan proses produksi pada komunitas Celebes didapatkan dari devisi marketing. Biaya dalam proses produksi komunitas Celebes tidk selalu sama. Pengeluaran biaya tergantung atas lokasi pelaksanaan produksi. Jika di luar kota bisa sampai dua juta rupiah tetapi jika proes liputanya di dalam kota maka biaya produksi yang di perlukan minimal dua ratus ratus ribu rupiah. Jika mendapat sponsor, maka biaya yang diperlukan lebih sedikit lagi. Jadi biaya produksi program Celebes tidak akan selalu sama.

Jenis Iklan yang di Tawarkan

Pengamatan penulis melihat iklan yang di tampilkan Celebs Tv yaitu :

a. Iklan layanan masyrakat misalnya bahaya menggunakan Hp saat mengendarai motor karena dapat menyebabkan kecelakaan dan merugikan diri sendiri terkhusus orang lain.
b. Ikalan bahaya Demam Berdarah ( DBD ) yang megimbau kepada masyrakat untuk selalu hidup bersih, membersikan lingkungan rumah dari berbagai sampah yang dapat di gunakan nyamuk untuk berkembang biak.
c. Iklan budaya, yang menamilkan kurangnya budaya membaca di kalangan anak sekolah, yang mulai di geser oleh Gadget.
d. Iklan pariwisata dan lain sebagainya.
e. Terpenting Celebes TV mengkhususkan iklan lokal.
Kesimpulan penulis setelah mengamati beberapa hari tayagan Celebes TV menyimpulkan hampir 50 % iklan yang di tampilkan bersifat layanan masyrakat.

Kebijakan Redaksion

Kebijakan redaksional bisa dimaknai sebagai serangkaian pedoman yang menjadi dasar di
bidang redaksional sesuai visi dan misi media massa yang bersangkutan. Kebijakan
redaksional, di samping berkaitan dengan subtansi pemberitaan, juga meliputi tujuan
mengapa berita tersebut diturunkan.



3.5 Kelebihan dan Kekurangan Media

a. Kelebihan Celebes TV :

1. Dengan hadirnya Celebes TV atau televisi lokal di kota Makassar akan memberikan dampak positif karena porsi pemberitaan yang di lakukan akan lebih besar ketimbang Televisi nasional. Seperti halnya Celebes Tv hampir 95% pemberitannya bermuatan lokal. memberikan keterbukaan terhadap perkembangan di suatu daerah tersebut. TV lokal akan memiliki kelebihan untuk menggali segala potensi dan permasalahan mengenai daerah tersebut. TV lokal akan memiliki kemampuan dan porsi lebih dibandingkan TV nasional mengenai daerahnya.

2. Kedua, adanya peran serta dalam mengenalkan berbagai aspek kehidupan di daerah tersebut. Contohnya mengenai kebudayaan, wisata, dan kondisi sosial masyarakat. Gambaran ini akan sulit dilakukan secara keseluruhan oleh TV nasional. TV lokal memiliki kelebihan untuk melakukan siaran ini. Dengan adanya siaran mengenai aspek kehidupan daerah ini, warga di daerah tersebut akan semakin menjaga nilai-nilai budayanya. Penulis mengamati beberapa TV lokal di kota ( Makassar ). Sebuah TV lokal melakukannya dengan cukup apik beberapa bulan terekhir ini. Sebuah TV lokal bernama Celebes TV membuat sebuah acara bernama Obrlan Karebosi. Acara ini merupakan program yang mirip dengan Suara Anda yang ditayangkan oleh Metro TV. Meskipun terkesan sebagai plagiasi, tapi paling tidak acara ini cukup bermanfaat. Warga Kota Makassar dan sekitarnya dapat berkomentar, memberi saran, hingga berkeluh kesah terhadap kotanya. Pemandu acara akan memberikan beberapa pilihan berita yang nantinya dipilih oleh pemirsa dan ditanggapi melalui sambungan telepon. Dari beberapa episode yang penulis amati, cukup banyak manfaat yang bisa didapat. Antara lain banyaknya laporan mengenai masalah perkotaan, seperti banjir, parkir, sistem satu arah di daerah pendidikan, hingga masalah ketertiban pasar tradisonal.

3. Memang model acara interaktif ini cukup mampu menjadi tumpuan dalam menyelesaikan masalah. Jika dibandingkan dengan menulis opini warga di surat kabar, maka interaksinya akan tidak seeefektif acara ini.

4. Juga tayangan – tayangan Celebes TV juga sudah bagus karena terbaik sebagai tv lokal yang terbanyak di tonton di Sulawesi selatan khususnya di Makassar



b. Kekurangan Celebes TV :

1. Wilaya siaran masih terbatas ini terlihat hanya di beberapa kabupaten saja yang ada di Sulawesi Selatan seperi di Makassar, Gowa, Maros, Pangkep, takalar, jeneponto, Baru, Pare – Pare, Bulukumba, sinjai, Bantaeng, enrekang.

Bab IV
Kesimpulan dan Saran
4.1 Kesimpulan 

1. Celebes TV menyajikan sejumlah tayangan, informative, inovatif, dan mendidik. Televisi ini diharapkan menjadi media informasi bagi masyrakat Sulawesi selatan khususnya warga Makassar.

2. Celebes Tv adalah City TV yang juga mewakili karakter kota Metropolitan Makassar yang kontenporer, dinamis dan modern yang terus membagun dan bergerak sesuia perkembangan zaman, yang terbuka bagi semua upaya untuk mengangkat martabat warga.

3. Dengan hadirnya Celebes TV atau televisi lokal di kota Makassar akan memberikan dampak positif karena porsi pemberitaan yang di lakukan akan lebih besar ketimbang Televisi nasional. Seperti halnya Celebes Tv hampir 95% pemberitannya bermuatan lokal. memberikan keterbukaan terhadap perkembangan di suatu daerah tersebut. TV lokal akan memiliki kelebihan untuk menggali segala potensi dan permasalahan mengenai daerah tersebut. TV lokal akan memiliki kemampuan dan porsi lebih dibandingkan TV nasional mengenai daerahnya.

4.2 Saran
Meliahat begitu pesatnya perkembangan tehnologi terkhusus di bidang TV kami mengajak kita semua agar pandai – pandi memilih suatu tayangan yang mendidik dan memberikan manfaat bagi kita.

Daftar pustaka

Yunistira, Analisis Program Komunitas Celebes Tv dalam Meningkatkan Nilai social. Makassar, 2015.
Novi, Fitriani, Eka B. Proses Produksi Berita Celebes File di Celebes Tv, Makassar, 2015.

Sumber Online

https://id.wikipedia.org/wiki/Celebes_TV ( diakses pada 21 april 2015 ).
http://makassar.tribunnews.com/2013/11/27/survei-celebestv-paling-banyak-dinonton ( diakses 19 april 2016 ).
http://makassar.tribunnews.com/2014/03/14/celebes-tv-raih-master-brand-award ( diakses 19 april 2016 ).

Selanjutnya http://faisalmuh93.blogspot.co.id/2016/08/analisa-celebes-tv-bab-satu-1.html
Selanjutnya http://faisalmuh93.blogspot.co.id/2016/08/analisa-celebes-tv-bab-2.html
Selanjutnya http://faisalmuh93.blogspot.co.id/2016/08/analisa-celebes-tv-bab-2_24.html

1 comment:

  1. The best casinos in South Africa 2021 | DrmCD
    Slots & 춘천 출장마사지 Casinos with 김천 출장마사지 Real Money Games 2021. Top rated Slots, 상주 출장마사지 Table Games, Live Casino, Bingo & 천안 출장마사지 more! 포항 출장샵 See what your friends are saying about online

    ReplyDelete