iklan

Wednesday 24 August 2016

Analisa Celebes Tv Bab 2

Bab II
Gambaran Umum Celebes TV

Profil Celebes TV

Celebes TV resmi mengudara di kanal 31 UHF. Untuk tahap awal Celebes TV akan mengudara pertama selama enam jam mulai Pkl.17.00 S/D 23.00 Wita. Siaran mengudara kedua selama 3 setengah jam pukul 14.00 S/d 16.30 Wita.Siaran mengudara ketiga selama 5 setengah jam Pukul 12.00 S/d 16.30 Wita.Siaran mengudara ke empat selama enam jam 45 menit pukul 09.45 S/d 16.30 Wita.Siaran mengudara ke lima selama 5 jam 15.00 S/d 20.00 Wita Pada Program Celebes Update,Celebes Musik Dan Kultum.Dan Terakhir Siaran Uji Coba Pada Saat Program Di Celebes Musik Pukul 17.00 S/d 02.00 Wita.Celebes TV memulai dalam tahap pola siaran atau tes sinyal selama satu bulan.

Celebes Tv adalah stasiun televise berita lokal untuk daerah Sulawesi yang merupakan perusahaan pemilik Bosowa Corporation yang di luncurkan 16 juli 2011 ( siaran uji coba ), 1 agustus 2011 ( siaran resmi ). Celebes Tv berada dalam kanal 31 UHF yang di siarkan keenam kabupaten / kota di Sulawesi Selatan yaitu Makassar, Maros, Barru, Takallar, dan Jeneponto. Studio Celebes TV terletak di Menera Bosowa lantai 15 Jl Jenderal Sudirman Nomor 5 Makassar, Sulawesi selatan, Indonesia.

Celebes Tv merupkan televise local yang ketiga yang ada di kota Makassar, setelah Makassar TV dan Fajar TV. Celebes TV merupakan televise local yang sumber daya manusianya merrupakan gabungan, mantan sejumlah karyawan televise nasional para awak Celebes TV diyakini mampu menyajikan siaran televise lokal dengan kualitas nasional.

Konstalasi pertelevisian Indonesia yang penuh dinamika, rencana PT Sunu Network Broadcast Televisi membagun sebuah stasiun televise lokal Makassar, Sulawesi selatan, dengan nama “Celebes TV” merupakan suatu langkah yang tepat, mengigat Makassar dan Sulawesi Selatan merupakan kawasan yang di namis, terus berkembang dan di akui sebagai lokomotif pembagunan nasional untuk kawasan timur Indonesia.

PT Sunu Network Broadcast Televisi perusahan pemilik Celebes Tv mejalalin kerja sama dengan PT Media Indonesia perusahan milik Metro Tv. Kerja sama ini merupakan dukungan untuk operasional siaran ancer lokal yang merupakan anak perusahan Bosowa Corporation ini. Awal kerja sama di tandai dengan penendatanganan Memorandum Of Understanding ( MOU ) atau nota kesepahaman di Menara Bosowa tanggal 25 februari 2011. Penandatanganan MOU ini dilakukan direktur utama Celebes TV, Husain Abdullah dan direktur utama Metro Tv, Wisnu Hadi. Husain Abdullah mengatakan televise lokal ini dibagun dengan semangat muda dan jurnalis muda, bekal inilah yang menjadikan Celebes TV sebagai televise Lokal yang mampu bersaing dengan ancer Nasional.

Penandatanganan MOU disaksikan oleh komasaris uatam PT Sunu Network Broadcast Televisi, Moddo Pammusu, Rusdin Tompo dan Anis Sakaria Kama. Sementara itu, wali kota makssar kala itu Ilham Sirajuddin bersama pendiri bosowa Aksa Mahmud meresmikan kantor dan studio Celebes Tv milik PT Sunu Network Broadcast Televisi 16 juli 2011. Peresmian itu, sebagai bagian dari hari jadi Aksa Mahmud.

Celebes TV menyajikan sejumlah tayangan, informative, inovatif, dan mendidik. Televisi ini diharapkan menjadi media informasi bagi masyrakat Sulawesi selatan khususnya warga Makassar. Undang – Undang Nomor 32 tahun 2003 tentang penyiaran mulai di perlakukan akhir tahun 2009 menandai era baru dalam pertelevisian di tanah air. Undang – undang yang didasari semangat otonomi daerah ini memungkinkan tumbuhnya stasiun televise lokal diberbagai daerah, sehingga tercipta desentaralisasi informasi di Indonesia, sebelumnya cenderung bersifar Jakarta Sentris.

Celebes Tv yang biasanya di singkat CTV, dapat juga di artikan sebagai City TV, sehingga Celebes TV dapat dilihat sebagai stasiun televise milik Sulawesi Selatan yang sekaligus milik kota Makassar.

Secara bersamaan, Celebes Tv adalah City TV yang juga mewakili karakter kota Metropolitan Makassar yang kontenporer, dinamis dan modern yang terus membagun dan bergerak sesuia perkembangan zaman, yang terbuka bagi semua upaya untuk mengangkat martabat warga.

2.1. Visi dan Misi Celebes TV

a. Visi

Visi Celebes TV adalah menjadi lembaga penyiaran yang inovatif dan dinamis yang mampu mengedepankan potensi daerah dan masyrakat Sulawesi selatan, baik kepada masyrakat sendiri maupun seluruh Indonesia.

a. Misi

berdasarkan Visi tersebut, maka Celebes TV akan mencapai misi sebagai berikut :
1) Mengembangkan kegiatan penyiaran ancer sebagai media berita dan informasi yang sehat, mendidik dan membagun, yang dapat menjadi acuan gerak hidup masyrakat Sulawesi Selatan.
2) Menjadi mitra bagi lembaga pemerintahan daerah dan dunia usaha Sulawesi Selatamn dalam upaya menyukseskan berbagai program pembagunan bagi keperluan masyrakat, termasuk peningkatan investasi daerah.
3) Menjadi lembaga penyiaran unggulan dan kebaggaan semua lapisan masyrakat Sulawesi Selatan.

2.2 Pemilik Media

Berdirinya Celebes TV dipegang oleh beberapa orang, yakni :
a. PT Bosowa Media Utama : 75 %
b. Fatma : 1, 25 %
c. Muannas : 1,25 %
d. Muh. Taufik Nahwi Rasul : 1,25%
e. Rudi Gunawan : 1,25%
f. Jupriadi : 11. 25%

a. Tagline

Celebes TV mengusung tagline “ Terkini Dari Tradisi Sulawesi”, tagline ini menegaskan bahwa Celebes tv memiliki sudut pandang kondidi kekinian, paling actual, informative namun tetap tetap tidak tercabut dari akar tradisi dan nilai - nilai serta kearifan lokal sebagai orang Sulawesi.

Selanjutnya http://faisalmuh93.blogspot.co.id/2016/08/analisa-celebes-tv-bab-satu-1.html
Selanjutnya http://faisalmuh93.blogspot.co.id/2016/08/analisa-celebes-tv-bab-2_24.html
Selanjutnya http://faisalmuh93.blogspot.co.id/2016/08/analisa-celebes-tv-bab-3.html

No comments:

Post a Comment